Gerak Pemuda Sintang Gelar Orasi Kebangsaan dan Deklarasi Pilkada Damai -->

Iklan Semua Halaman

Gambar Iklan

Gambar Iklan

Iklan 400px x 250px

Iklan 400px x 250px

Gerak Pemuda Sintang Gelar Orasi Kebangsaan dan Deklarasi Pilkada Damai

Selasa, 01 Oktober 2024

 

Gerak Pemuda Sintang Gelar Orasi Kebangsaan dan Deklarasi Pilkada Damai

Sintang – Dalam semangat menjaga persatuan dan demokrasi, Gerak Pemuda Sintang  menggelar Orasi Kebangsaan dan Deklarasi Pilkada Damai.


Acara ini diadakan di Taman Entuyut Kabupaten Sintang, Kegiatan ini digagas sebagai respons terhadap dinamika politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Sintang. Gerak Pemuda Sintang berharap bahwa proses demokrasi berjalan dengan damai, aman, dan penuh persatuan.


Dalam orasinya, Mar'i Faisal Zulyandi, Ketua Gerak Pemuda Sintang, menekankan pentingnya menjaga semangat kebhinekaan dan saling menghormati meskipun berbeda pilihan politik. "Pilkada bukanlah ajang untuk memecah belah, tetapi untuk memperkuat ikatan kebangsaan. Kita, sebagai pemuda, punya tanggung jawab moral untuk memastikan bahwa perbedaan pilihan tidak menimbulkan konflik, melainkan menjadi kekuatan bagi demokrasi kita," ujarnya di hadapan peserta.


Setelah orasi, acara dilanjutkan dengan Deklarasi Pilkada Damai. Semua peserta yang hadir membacakan deklarasi bersama yang berisi komitmen untuk:


DEKLARASI PEMILU DAMAI TAHUN 2024


KAMI PEMUDA DAN PEMUDI KABUPATEN SINTANG // MENYATAKAN DAN BERKOMITMEN UNTUK :


1. MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA // YANG BERDASARKAN PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR TAHUN 1945.


2. MENSUKSESKAN PEMILU TAHUN 2024 YANG BERMARTABAT // BERINTEGRITAS // JUJUR, ADIL, AMAN // DAMAI DAN DEMOKRATIS.


3. MENOLAK SEGALA BENTUK PENYEBARAN HOAX // UJARAN KEBENCIAN // MONEY POLITIK // POLITISASI AGAMA DAN ETNIS.


4. AKAN TURUT SERTA // BERSAMA PEMERINTAH DAERAH SERTA APARAT KEAMANAN // DALAM MENCIPTAKAN SITUASI DAN KONDISI KAMTIBMAS // TETAP KONDUSIF DI KABUPATEN SINTANG


Deklarasi ini diakhiri dengan pembagian stiker yang bertuliskan Sukseskan Pilkada 2024 di Kabupaten Sintang yang dibagikan kepada Masyarakat Sintang.


Acara tersebut mendapat sambutan positif dari berbagai pihak. Masyarakat berharap inisiatif seperti ini dapat menjadi teladan bagi seluruh lapisan masyarakat Sintang, terutama para pendukung kandidat, agar Pilkada 2024 bisa berlangsung aman dan kondusif tanpa gesekan yang merugikan.


Dengan adanya deklarasi ini, Gerak Pemuda Sintang berharap bahwa suara pemuda dalam menjaga demokrasi yang sehat dan damai dapat terus menginspirasi khususnya di Kabupaten Sintag Sintang.